Wednesday, January 28, 2009

Skill wajib dimiliki Web Developer

Karir Web Developer, sekarang udah bisa jadi pegangan hidup dan kesuksesan buat programmer, semakin beralihnya software dari desktop ke web membuat programmer mesti siap mempelajari ilmu-ilmu yang wajib dimiliki buat web developer untuk berhasil.

Dengan menguasai sederetan keahlian wajib ini, seorang web developer bakal punya masa depan cerah baik sebagai karyawan maupun entrepreneur, di dalam maupun di luar negeri.

1. Programming Basic

Ya iyalah udah pasti mesti menguasai pemrograman, programmer web atau desktop harus menguasai minimal 1 bahasa pemrograman. Untuk Web developer bisa memilih salah satu atau lebih ilmu komputer pemrograman diantaranya: PHP, JSP, ASP.NET, Ruby, Perl.

Pada dasarnya bahasa pemrograman mempunyai konsep yang sama namun perbedaan syntax (tata bahasa), jadi fokuslah pada 1 bahasa dan bila udah mantap lebih mudah mempelajari bahasa lainnya. Jangan baru ngerti PHP 10% udah belajar JSP, JSP baru 20% trus pindah ke Ruby.

2. Kuasai Framework

Sekarang ini membangun sebuah aplikasi web bukan berarti butuh waktu berbulan atau tahunan, berkat adanya Framework maka proses pembuatan aplikasi web bisa dipangkas hingga 75%. Framework membantu developer mengembangkan aplikasi dengan menggunakan bantuan library dan tools yang telah ada, sehingga proses yang standar dalam sebuah aplikasi nggak perlu dibuat dari nol.

Ada banyak nama Framework saat ini, diantaranya CakePHP, CodeIgniter, Prado, Django, Symfony, Ruby On Rails dll.

3. CMS Knowledge

CMS sudah menjadi pilihan utama web developer saat membangun sebuah situs, selain lebih cepat dalam pembuatan juga fitur2 yang dimiliki CMS sudah sangat lengkap untuk menjadikan sebuah situs tampil professional, belum lagi kemudahan user dalam mengatur kontent-nya.

Saat ini sangat banyak CMS OpenSource yang beredar, diantaranya Joomla, Drupal, Wordpress dll.

Keahlian mengenai CMS ini yang patut dikuasai adalah:

- Penggunaan sebagai user (Harus menguasai manajemen konten, struktur posting, user management, manajemen dokumen)

-Custom Setting, mulai dari pengaturan module, instalasi dan konfigurasi di server.

-Template Management, pengaturan dan modifikasi template

-Plugins/Extension Development, mempelajari cara pembuatan extension dari CMS

Banyak yang terjebak untuk mencoba semua CMS yang ada, nggak salah sih tapi jumlah CMS bisa sampai ratusan, bisa habis waktu untuk mengutak-atik satu persatu. Lebih baik fokus di satu CMS kemudian ahli di ke 4 bidang diatas. Bila sudah menguasai, silakan deh pindah ke CMS yang lain kalau mau.

4. Javascript Framework

Walaupun semakin banyak pemain yang bersaing dengan Javascript, tapi tetap saja penggunaannya semakin luas digunakan di internet, jadi menguasai framework javascript sangat penting bagi web developer, selain untuk menambah keindahan dan expressifnya situs juga menambah kemampuan dan user experience makin tambah puas.

Diantara framework javascript itu adalah: JQuery, Mootools, Dojo, Scriptaculous dll.

5. E-Commerce Knowledge

Semakin besar peluang perdagangan online dalam beberapa tahun terakhir dan juga kedepannya. Itu artinya bakal banyak order datang untuk pemesanan situs ecommerce, selain menguasai CMS ecommerce, developer juga mesti mempelajari payment gateway dan integrasinya.

6. Widget Development

Widget semakin sering dibuat oleh perusahaan untuk menjangkau visitornya dari situs lain, ini wajar dengan semakin bertambahnya jumlah website di internet, sehingga perusahaan harus bisa berhubungan dengan pelanggannya.

Pengembangan widget juga membutuhkan developer yang menguasai Javascript atau ActionScriptnya Flash.

7. Rich Internet Application

Nantinya aplikasi internet akan semakin berkembang dan semakin kaya fitur, itu sebabnya platform yang bisa menghasilkan aplikasi tersebut semakin bermunculan, menguasai salah satu dari platform RIA ini bakal jadi nilai plus developer di masa mendatang.

Diantara platform RIA adalah: Adobe AIR, JavaFX, OpenLaszlo, Silverlight dan tentu saja sang penguasa saat ini: Ajax.

8. Mobile Platform

Para pengunjung internet bukan hanya berasal dari pengguna desktop ataupun laptop tapi sudah jadi makanan harian pengguna Smartphone, iPhone, Blackberry dan nantinya Android serta dipastikan bakal terus bertambah pemain baru lainnya.

Untuk itu menguasai pemrograman dengan platform untuk mobile juga bakal semakin penting, diantaranya Java, .Net atau python.

9. SQL

Programmer web juga sangat penting menguasai bahasa SQL karena inilah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database, tanpa menguasai SQL akan sulit bagi web developer untuk mengatur manajemen informasi dari aplikasi yang dibuatnya.

Pada dasarnya, SQL yang digunakan untuk MySQL, Oracle, MS-SQL Server adalah sama, untuk itu perlu pengetahuan tambahan untuk koneksi dari aplikasi web ke databasenya.

10. HTML & CSS

Ini jelas wajib dikuasai, tanpa menguasai ini bisa-bisa programmer web mengalami pusing yang gak jelas, tapi dengan semakin berkembangya IDE (Integrated Development Environment) pekerjaan programmer untuk menguasai HTML dan CSS bisa lebih mudah, untuk CSS juga telah semakin banyak framework yang bisa digunakan.

Diantara IDE dan framework yang populer adalah Dreamweaver, Aptana, Amaya, Blueprint CSS, Eclipse & Netbeans dll.


8 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. yoi.. tul banget mas..

    gw juga suka web programming especially using PHP..

    tapi sayang.. gw ga jago2 banget desain web.. hee..

    ReplyDelete
  3. itu bisa di pelajari,. qta bisa menggunakan bantuan Jomlaa tapi jangan semuanya di pake, entar ilmu HTML qta ilang semua dalam memori qta,.. yang penting ada kemauan bro

    ReplyDelete
  4. wah requirements-nya terlalu tinggi mas...
    gimana kalo sekalian tak tambahi biar lebih mumet.

    Tambah lagi perlu menguasai web engineering, trus minimal menguasai prototyping, lebih bagusnya lagi kalau menguasai UML.

    ReplyDelete
  5. @fahri,... UML juga boleh tuh, sekarang banyak Framework yang udah menggunakan UML sebagai prototype-nya

    ReplyDelete
  6. betul2.. semua bisa dipelajari.. tapi koq syaratnya banyak banget ya?? hehehe

    ReplyDelete
  7. @Ambar,.. coba kamu pilih dulu yang kamu merasa bisa,.. ato kamu pelajari dari awal pelan2

    ReplyDelete
  8. mantap infonya gan...

    comeent balik ya..

    http://jemput-rizki.blogspot.com

    ReplyDelete